page hit counter

6 Tips Mencari Kos-kosan bagi Mahasiswa Baru kos kosan dekat kuta bali

Home/Blog/6 Tips Mencari Kos-kosan bagi Mahasiswa Baru kos kosan dekat kuta bali

6 Tips Mencari Kos-kosan bagi Mahasiswa Baru kos kosan dekat kuta bali

Berikut ini 5 Tips Mencari Kos-kosan untuk Mahasiswa Baru kost dekat pantai kuta. Mencari tempat kost adalah sebuah momen yang agak mendebarkan. Mahasiswa lama yang sudah terlebih dahulu merantau, sedikit banyak sudah tahu akan kondisi ini. Karena dibilang mudah, tidak juga. Dibilang susah, hmmm… ya kira-kira begitulah. Jika ingin mencari kost sekitar kuta bisa langsung ke website ini.

Persaingan satu mahasiswa dengan mahasiswa lainnya sangat ketat, apalagi di masa-masa awal semester baru. Dimana banyak mahasiswa yang masih muda-muda dan masih lugu (bisa disesuaikan dengan keadaan sebenarnya.red) datang dari jauh untuk berkuliah sekaligus membutuhkan tempat tinggal untuk sementara waktu. Jadi, bisa dibilang, mencari kos-kosan ini adalah tahap awal melatih diri untuk mandiri.

Tidak sedikit yang tidak siap untuk keadaan ini, karena menyadari bahwa tinggal di rumah sendiri merupakan kondisi yang ternyaman selama ini. Berbeda ketika kamu harus mengurus diri sendiri dan tinggal sendiri pula di tempat yang lebih mini dari rumah kamu sendiri.

Ini tidak berarti berlaku untuk semua orang, beberapa di antaranya malahan sudah tidak sabar ingin merasakan bagaimana petualangan perantauan ini dimulai. Siap tidak siap, berikut adalah beberapa tips yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan kamu dalam memilah-milah kosan yang akan kamu huni untuk sementara waktu. Kita simak, yuk!

Mencari Informasi Harga

Jika kamu tipe orang yang tidak mau repot dan tidak terlalu peduli berapapun harga kos-kosan yang akan kamu cari, kamu memiliki peluang yang lebih banyak untuk mendapatkannya. Berbeda dengan sebagian mahasiswa baru yang memiliki budget terbatas untuk kos-kosan.

Kamar berharga ekonomis menjadi rebutan. Tahap pertama yang kamu lakukan adalah, menyiapkan satu waktu khusus untuk mencari kos-kosan agar pencarian kamu maksimal. Di waktu itulah kamu berkeliling mencari, membandingkan harga dan fasilitas kos-kosan yang satu dengan kos-kosan yang lain dengan pertimbangan-pertimbangan yang menjadi pilihan kamu.

Memastikan metode pembayaran juga penting, apakah dibayar perbulan atau pertahun. Dan apakah bisa dicicil atau harus dilunasi di saat hari pertama tinggal di sana. Ketika sudah menemukan kamar yang pas, jangan lupa membayar uang muka kepada pemilik kosan sebagai tanda jadi dan meminta kwitansi pembayaran. Ini bertujuan supaya kamar pilihanmu tidak diambil oleh mahasiswa lain yang sedang berburu kos-kosan juga.

Lokasi Strategis

Jika kamu tidak memiliki kendaraan apapun, ada baiknya kamu memilih kos-kosan yang jaraknya dekat dengan kampus. Karena dapat menghemat waktu dan ongkos.

Kamu cukup berjalan kaki saja, dan tidak perlu untuk terburu-buru berangkat pergi ke kampus. Jarak yang dekat ini juga memudahkan kamu ketika ada tugas atau barang yang ketinggalan di kamar. Tapi jangan jadikan ini sebuah kebiasaan, ya!

Selain jarak yang dekat dengan kampus, kos-kosan yang dekat dengan lokasi warung makan, minimarket, dan apotek juga menjadi bahan pertimbangan. Hal ini dapat memudahkan aktivitas kamu.

Fasilitas Kamar

Sebuah kamar kosan merupakan tempat tinggal kamu untuk waktu tertentu, tergantung mau berapa lama kamu akan menyelesaikan kuliah nanti. Di ruangan kecil itu kamu akan tidur, belajar, makan, dan banyak hal lainnya.

Semua kegiatan yang dulunya bisa kamu lakukan di tiap ruangan yang berbeda, sekarang kamu melakukan semuanya hanya di dalam satu ruangan saja. Itu artinya, kamu harus bisa memilih tempat tinggal yang nyaman. Kenyamanan itu bisa membuatmu lebih betah melakukan banyak hal di dalam kamar itu.

Nah, tidak hanya harganya yang ekonomis, kondisi kamar yang pas di hati juga sangat perlu. Beberapa pertimbangan yang dapat kamu lihat bisa dimulai dari kriteria kamar yang kecil atau besar, apakah ada ventilasi yang cukup untuk pertukaran udara, kamar mandi di dalam ruangan atau di luar.

Fasilitas kamar juga perlu diperhatikan, seperti apakah sudah disediakannya atau tidak kasur tidur, meja belajar, dan lemari.

Malu Bertanya, Malah Kena Zonk

Jangan malu menanyakan hal-hal detail untuk kos-kosan yang menjadi incaran kamu. Misalnya, harga yang harus kamu bayar untuk kos-kosan itu apakah sudah termasuk listrik dan air.

Jangan sampai kamu sudah deal dengan satu kos-kosan tapi kamu malah kena zonk ketika tinggal di sana. Karena kamu mendapat tagihan tambahan untuk listrik atau air. Misalnya, ternyata tiap alat-alat elektronik yang kamu bawa dikenakan biaya yang berbeda untuk tiap jenisnya.

Jangan lupa tanyakan juga apakah ada atau tidaknya batas waktu pulang malam. Karena beberapa kos-kosan menetapkan jam malam bagi penghuni kos-kosannya. Bisa saja kalau kamu tidak tahu-menahu soal ini, kamu akan terkurung di luar ketika pulang kemalaman setelah mengerjakan tugas kuliah. Menyebalkan, bukan?

Aman dari Kriminalitas

Setelah harga, lokasi strategis, dan fasilitas yang memadai, tidak lupa pastikan daerah tempat yang akan kamu tinggali itu adalah lokasi yang cukup aman. Pun kamu sudah menemukan tempat yang aman, ada baiknya kamu tetap berjaga-jaga. Kamu bisa memasang kunci tambahan di pintu kamar.

Selain itu, kamu juga tidak boleh lalai dengan membiarkan pintu atau jendela kamar terbuka begitu saja ketika kamu tidak ada di dalam kamar. Simpan barang-barang berharga kamu di tempat yang tersembunyi dan di tempat yang tidak mudah untuk dilihat orang lain.

Itulah 6 Tips Mencari Kos-kosan bagi Mahasiswa Baru kos kosan dekat kuta bali. Semoga dapat membantu dan selamat mencari ya..!! ūüôā

By | 2017-10-30T15:28:33+00:00 October 30th, 2017|Blog|0 Comments

About the Author: